MANFAAT DAN KHASIAT TEMU PUTIH

Posted by Berkhasiat.com Hari Selasa, 07 Mei 2013 0 comments
KHASIAT TEMU PUTIH

Khasiat Temu Putih - Temu putih yang memiliki nama latin Curcuma zedoaria ini termasuk ke dalam family Zingiberaceae. Jika dilihat secara sekilas tanaman ini mirip dengan temulawak, ataupun temu kunci. Yang membedakannya adalah bentuk rimpangnya yang berwarna putih dan daunt emu putih berwarna merah gelap. Temu putih merupakan tanaman yang dapat tumbuh berumur tahunan, tanaman ini memiliki besar dan tinggi yang mampu mencapai dua meter. 

Khasiat temu putih 

Temu putih biasanya kita jumpai sebagai bahan untuk minuman penghangat badan. Temu putih banyak di budidayakan di Malaysia, Indonesia dan Filipina. Khususnya di Indonesia tanaman ini sering ditemukan tumbuh dengan liar seperti didaerah Jawa, Ambon hingga ke wilayah Irian. Temu putih juga di percaya sebagai tanaman herbal, karena dapat membantu serta mencegah penyakit kronis seperti kanker dan tumor khususnya berkaitan pada wanita. Temu putih memiliki kandungan kimia seperti cineole, camphene, zingerberene, borneol, camphor, curcumin, resin, curcumol dan curdione yang bekerja sebagai antikanker. Bagian tanaman yang dimanfaatkan dari temu putih adalah efek farmakologi yang diperoleh dari penggunaan rimpang dan daun. Khasiat dari temu putih sudah dikenal sejak dulu, khasiat dari temu putih adalah seperti berikut : 

  1. Berkhasiat untuk mencegah dan mengobati kanker serviks dan vulva. 
  2. Berkhasiat untuk mengatasi memar, luka, keseleo, atau di sengat tawon. 
  3. Berkhasiat untuk mengatasi bisul. 
  4. Berkhasiat untuk mengatasi reumatik dan pegal linu. 
  5. Berkhasiat untuk mengobati gigitan binatang berbisa. 
  6. Berkhasiat untuk memperlancar proses pencernaan. 
  7. Berkhasiat untuk mengatasi sakit perut. 
  8. Berkhasiat untuk mengobati keracunan karena makanan. 
  9. Berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. 
  10. Berkhasiat untuk mengatasi ejakulasi dini bagi pria. 
  11. Berkhasiat untuk mengatasi demam, sakit gigi dan radang selaput lendir. 
  12. Berkhasiat untuk mencegah dan memperlambat pertumbuhan tumor. 
  13. Berkhasiat untuk mengobati ayan dan epilepsy. 
  14. Berkhasiat untuk mengobati masalah pernafasan seperti TBC. 
  15. Berkhasiat untuk memperlancar haid yang tidak teratur. 

Selain itu temu putih memiliki sifat sebagai anti inflamasi, hemostatik, melancarkan sirkulasi darah, fibrinolitik, dan anti neoplastik. 

Khasiat temu putih 

Cara penggunaan dari temu putih adalah dengan meminum air rebusan dari temu putih, sedangkan untuk pengobatan luka luar bisa dengan menumbuk temu putih hingga halus lalu tempelkan pada bagian tubuh yang terkena luka. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat temu putih.