MANFAAT DAN KHASIAT TEMU KUNCI

Posted by Berkhasiat.com Hari Rabu, 08 Mei 2013 0 comments
KHASIAT TEMU KUNCI

Khasiat Temu Kunci - Temu kunci yang memiliki nama ilmiah Curcuma xanathorriza Roxb merupakan jenis tanaman semak liar tahunan, dengan tinggi yang dapat mencapai 30 cm. Daun temu kunci berbentuk bulat dan menjorong keujung dan kepangkal, dengan permukaan daun yang licin pada bagian bawahnya, berwarna hijau dan tidak berbulu, serta batang yang tersusun dari pelepah-pelepah daun yang terpadu. Tanaman ini tersebar di daratan Asia, mulai dari Myanmar, Konkan, Andaman, Malaysia, hingga menyebar ke wilayah Indonesia khususnya pulau jawa. Awalnya temu kunci dapat ditemukan tumbuh liar di hutan jati, di kepulauan jawa dan biasanya tumbuh subur pada tanah liat. 

Khasiat temu kunci 

Temu kunci merupakan jenis tanaman herbal, dan dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit kronis. Temu kunci memiliki nama yang berbeda-beda di setiap wilayah, seperti temu besar (melayu), koneng gede atau temu raya (sunda) dan labak (Madura). Dalam keseharian, temu kunci biasanya digunakan oleh ibu-ibu untuk menetralisir purin ketika memasak sayur bayam. Namun selain biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, temu kunci juga dipercaya sebagai anti-kanker. Beberapa kandungan kimia yang terdapat dalam temu kunci adalah minyak atsiri yang terdiri dari kamfer, sineol, metil sinamat, dan hidromirsen, serta kandungan dammar, pati, saponin, flavonoid, pinostrolerin, dan alipinetin. Selain biasanya digunakan untuk mengobati sariawan, masuk angin dan perut kembung, beberapa khasiat lainnya dari temu kunci adalah sebagai berikut: 

  1. Berkhasiat untuk mengatasi masalah kulit seperti gatal-gatal dan kurap. 
  2. Berkhasiat untuk mengatasi masalah keputihan. 
  3. Berkhasiat untuk mengobati masalah kesulitan buang air kecil. 
  4. Berkhasiat untuk mengatasi cacingan. 
  5. Berkhasiat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit kanker. 
  6. Berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh. 

Selain itu kandungan pinostrobin yang terkandung dalam temu kunci memiliki khasiat untuk menghambat kinerja enzim topoisomerase 1 yang biasanya dapat meningkat ketika terjadinya kanker. Dengan adanya pinostrobin, maka akan menghambat pertumbuhan topoisomerase. Cara kerjanya adalah dengan menghambat transkripsi DNA, sedangkan kerja enzim dihambat dengan cara mengeluarkan zat yang akan mengikat enzim, akibatnya sel pertumbuhan kanker akan mati. 

Khasiat temu kunci

Dengan rutin mengkonsumsi temu putih akan ampuh untuk mengatasi serangan kanker. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat temu kunci.