MANFAAT DAN KHASIAT TEMU IRENG

Posted by Berkhasiat.com Hari Jumat, 10 Mei 2013 0 comments
KHASIAT TEMU IRENG

Khasiat Temu Ireng - Temu ireng atau temu hitam ini memiliki nama ilmiah Curcuma Aeruginosa yang merupakan jenis tanaman semak belukar yang dapat berumur tahunan, umbinya merupakan umbi batang atau rimpang yang berukuran besar serta bercabang merata, warna kulit luar dari umbinya adalah warna kuning yang mengkilap dengan ujung merah muda. Biasanya temu ireng dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 50 cm dengan batang berwarna hijau. Temu ireng biasanya tumbuh liar yang tersebar dari Myanmar, Kamboja, Indocina dan hingga ke pulau jawa. 

Khasiat temu ireng 

Selain dapat ditemukan tumbuh liar di hutan jati dan padang rumput, temu ireng juga biasanya di ditanam di perkebunan dan dapat tumbuh dengan subur pada daerah dengan ketinggian 400-750 mdpl. Temu ireng juga memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah seperti temu erang (sumatera), temu itam (melayu), koneng hideung (sunda), temu ireng (jawa), temo ereng (Madura), tamu leteng (makasar), temu lotong (bugis) dan masih banyak sebutan lainnya dari tumbuhan ini. Temu ireng dipercaya dijadikan sebagai tanaman herbal karena memiliki kandungan kimia seperti minyat atsiri, tanin, curcumol, curcumenol, isocurcumenol, kurzerenon, kurdion, kurkumalakton, germakron, linderazulene, kurkumin, demethyoxykurkumin, dan bisdemethyoxykurkumin. Temu ireng memiliki rasa yang pahit, tajam dan bersifat dingin. Namun temu ireng memiliki beberapa khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti berikut: 

  1. Berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit seperti kudis, kurap, borok dan lain sebagainya. 
  2. Berkhasiat untuk menambah keinginan untuk makan. 
  3. Berkhasiat untuk peluruh kentut, peluruh dahak. 
  4. Berkhasiat untuk melancarkan haid yang tidak teratur. 
  5. Berkhasiat untuk mematikan cacing dalam tubuh. 

Cara penggunaannya adalah dengan mencuci rimpang temu ireng lalu di potong-potong, baru dikeringkan dengan cara di angin-angin agar minyak atsirinya tidak banyak terbuang, lalu di rebus dan diminum air rebusannya dengan teratur. Sedangkan untuk pemakaian luka luar hanya perlu menghaluskan temu ireng lalu dibalurkan pada bagian tubuh yang luka. 

Khasiat temu ireng 

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terima kasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat temu ireng.