MANFAAT DAN KHASIAT KAYU CENDANA

Posted by Berkhasiat.com Hari Rabu, 29 Mei 2013 0 comments
KHASIAT KAYU CENDANA

Khasiat Kayu Cendana - Kayu cendana memiliki nama latin Santalum album L yang termasuk dalam keluarga Santalaceae yang dapat tumbuh hingga 8 sampai 12 meter tingginya. Kayu cendana memiliki kayu yang keras, yang biasanya digunakan sebagai bahan utama pembuatan ukiran kayu, dan juga memiliki aroma yang harum. 

Khasiat kayu cendana 

Kayu cendana umumnya dimanfaatkan sebagai bahan untuk wewangian. Minyak dari kayu cendana biasanya digunakan sebagai wewangian pada dupa, kosmetik, parfum dan sabun. Sebagai aromaterapi, aroma cendana memiliki efek menenangkan. Selain itu juga, kayu cendana dapat diolah sebagai bumbu untuk makanan atau minuman. Cendana memiliki beberapa kandungan seperti minyak atsiri, hars, dan zat samak. Kandungan minyak atsiri pada cendana terdiri dari santalol (seskuiterpenalkohol), santalen (seskuiterpena), santen, santenon, santalal, santalon, dan isovalerilaldehida. Selain memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, kayu cendana juga memiliki khasiat yang dibedakan menjadi tiga penggunaannya, seperti berikut: 

1. Penggunaan internal 
Minyak cendana digunakan sebagai pengobatan tradisional yang berkhasiat untuk mengobati gangguan pencernaan, infeksi saluran kemih bawah, demam, sakit kepala, sakit pada dada atau sesak nafas. Selain itu minyak cendana berkhasiat untuk membersihkan radang selaput lendir hidung dan meredakan batuk kering. 

2. Penggunaan eksternal 
Untuk penggunaan eksternal, minyak cendana biasanya digunakan untuk menghaluskan kulit, menghilangkan gatal-gatal dan peradangan pada kulit. Cendana yang sudah diolah dalam bentuk pasta dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, bintik noda hitam dan bekas melahirkan atau stretch marks. 

3. Penggunaan sebagai aromaterapi 
Minyak cendana mengandung efek yang menenangkan, sangat cocok untuk anda yang merasa lelah dan stress. Selain itu, kayu cendana memiliki sifat antiplogistik/anti-inflamasi, antiseptic, antispasmodic, karminatif, astringen, diuretic, emolien, tonik, relaksan dan ekspektoran. 

Bagi ibu hamil dan menyusui sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter. Kayu cendana juga sangat dilarang penggunaannya bagi penderita penyakit ginjal. 

Khasiat kayu cendana 

Kayu cendana seperti yang banyak diketahui bahwa sangat jarang untuk ditemukan. Namun saat ini sudah banyak minyak cendana yang diperjual-belikan, atau dengan memesan kayu cendana ditempat khusus. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terima kasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat kayu cendana.