MANFAAT DAN KHASIAT IKAN TUNA

Posted by Berkhasiat.com Hari Selasa, 28 Mei 2013 0 comments
KHASIAT IKAN TUNA

Khasiat Ikan Tuna - Ikan tuna merupakan marga Thunus yang terdiri dari beberapa jenis seperti mandidihan (Thunus albacores), mata besar (Thunus obesus), tongkol (Euthinnus afinis), abu-abu (Thunus tonggol), albakora (Thunus allalunga), dan sirip biru (Thunus thymus). Daging ikan tuna terdiri dari dua bagian yaitu daging putih dan daging merah kurang lebih 1/6 bagian. Daging merah pada ikan tuna mengandung mioglobin tinggi, yang diimbangi dengan banyaknya jaringan pengikat dan pembuluh darah, sedangkan daging putih pada ikan tuna mengandung protein yang tinggi. Oleh karena itu ikan tuna dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan. 

Khasiat ikan tuna 

Yang sudah sangat terkenal dari ikan tuna adalah kandungan Omega 3, vitamin protein, dan mineral yang tinggi. Selain memiliki rasa yang lezat, dengan mengkonsumsi ikan tuna juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah serta kolesterol dalam tubuh. Omega 3 merupakan kandungan lemak yang baik, dalam ikan tuna memiliki 28x kandungan Omega 3 yang lebih banyak dibandingkan dengan ikan tawar. Selain itu ikan tuna juga termasuk dalam ikan kaya protein, kadar protein dalam ikan tuna hampir dua kali kadar protein pada telur. Kadar protein per 100 gram ikan tuna dan telur masing-masing 22 g dan 13 g. Serta kandungan mineral dalam ikan tuna mencapai 28x kandungan mineral pada ikan tawar, dengan mengkonsumsi 100 gram ikan tuna, sudah cukup memenuhi 52,9% kebutuhan tubuh akan selenium. Kandungan lainnya dalam ikan tuna adalah seperti vitamin A, B6, dan asam folat. Selain memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, ikan tuna juga memiliki beberapa khasiat untuk penyembuhan penyakit, seperti diantaranya: 

1. Mencegah kanker payudara 
Kandungan Omega 3 dalam ikan tuna berguna untuk menghambat enzim proinflammatory yang disebut cyclooxygenase 2 (COX 2) yang merupakan enzim pendukung terjadinya kanker payudara. Omega 3 juga berkhasiat untuk memperbaiki DNA. 

2. Mencegah stroke 
Kandungan gizi yang tinggi pada ikan tuna berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk penyakit stroke. Dengan rutin mengkonsumsi ikan tuna, dapat mengurangi resiko penyakit stroke. 

3. Mencegah obesitas 
Kandungan EPA yang tinggi pada ikan tuna dapat menstimulasi hormone leptin sehingga berkhasiat untuk mencegah obesitas. Karena dengan regulasi tersebut, tubuh akan terhindar dari konsumsi makanan yang berlebihan. 

4. Kesehatan jantung 
Kandungan omega 3 pada ikan tuna dapat meningkatkan konsentrasi HDL atau kolesterol baik dalam tubuh, menekan terjadinya pembekuan darah, dan menjaga ritme denyut jantung. Omega 3 juga berkhasiat untuk menjaga fungsi jantung. 

5. Kesehatan mata 
Kandungan omega 3 pada ikan tuna berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Omega 3 bekerja untuk mencegah tubuh melawan macular degeneration pada mata, suatu kondisi ketika penglihatan memburuk, yang dapat mengakibatkan kehilangan penglihatan pada usia lebih dari 50 tahun. 

Selain beberapa khasiat diatas, ikan tuna juga berkhasiat untuk menjaga dan meningkatkan mood agar terhindar dari stress, mencegah dari penyakit Alzheimer, serta membantu proses detoksifikasi. 

Khasiat ikan tuna 

Meskipun harga ikan tuna lebih mahal dibandingkan ikan tawar lainnya, ikan tuna memiliki banyak kandungan dan khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terima kasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat ikan tuna.