MANFAAT DAN KHASIAT SUSU IBU

Posted by Berkhasiat.com Hari Jumat, 12 April 2013 0 comments
KHASIAT SUSU IBU

Khasiat Susu Ibu - Kelahiran sang buah hati adalah dambaan semua wanita. Seorang wanita merasa dirinya telah menjadi wanita seutuhnya jika telah melahirkan seorang anak. Setiap ibu tentunya akan memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, seperti halnya mengupayakan pemberian ASI. Namun sangat di sayangkan karena tidak sedikit ibu yang tidak memberikan ASI kepada anaknya dengan dikarenakan kurangnya mencukupi kandungan air susu pada ibu atau dikarenakan ibu terlalu sibuk dengan pekerjaannya. 

Khasiat susu ibu 

Tidak sedikit diantara ibu yang belum mengerti manfaat dan kelebihan pemberian ASI pada bayi sekurangnya selama 6 bulan. ASI merupakan cairan tanpa tanding yang diberikan oleh Tuhan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi serta melindungnya dalam berbagai serangan penyakit. ASI merupakan sumber nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh bayi karena mengandung hormone, unsur kekebalan pertumbuhan, anti alergi dan anti inflamasi. Selain itu juga ASI mengandung beberapa gizi penting yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi, seperti kandungan AA, DHA, Omega 6, laktosa, taurin, laktobasilus, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin, dan lisozim yang keseluruhannya dalam takaran dan komposisi yang pas untuk bayi. Selain banyaknya kandungan gizi baik yang dibutuhkan oleh bayi, susu ibu dikatakan penting untuk pertumbuhan bayi karena susu ibu memiliki beberapa khasiat yang baik untuk bayi, seperti diantaranya : 

1. Untuk kecerdasan otak bayi 

Susu ibu mengandung komposisi gizi yang sangat dibutuhkan oleh bayi karena memiliki khasiat untuk pertumbuhan otak bayi, secara uji klinis telah membuktikan bahwa bayi yang dibesarkan dengan meminum ASI, tingkat IQ-nya akan lebih tinggi dibanding dengan bayi yang dibesarkan dengan minum susu formula. 

2. Memberikan kekebalan pada bayi 

Susu ibu memiliki khasiat lainnya yaitu untuk pembentukan sistem imun pada bayi, sehingga akan membuat bayi jarang terserang sakit. Bayi yang mendapatkan ASI akan mempunyai sistem kekebalan yang lebih baik dibanding bayi yang tidak mendapatkan ASI. 

3. Mengurangi resiko terhadap alergi 

Dengan asupan susu bayi lebih dari 12 minggu pada keluarga yang mengidap alergi makanan atau alergi asma, akan berkhasiat untuk mengurangi serta mengobati terhadap alergi dibanding dengan asupan susu formula. 

4. Mengurangi resiko infeksi usus 

Dengan pemberian susu ibu secara ekslusif pada bayi sekurangnya selama 6 bulan akan berkhasiat untuk mencegah infeksi usus pada bayi, berbeda halnya dengan pemberian susu formula diawal bayi lahir akan mudah menyebabkan infeksi usus seperti diare. 

Selain beberapa khasiat diatas yang baik untuk kesehatan bayi, ada juga khasiat lainnya yang baik untuk ibu apabila memberikan asupan ASI pada bayi. Karena ibu yang menyusui setelah melahirkan zat oxytoxinnya akan bertambah, sehingga akan mengurangi jumlah darah yang keluar setelah melahirkan, serta perut bagian bawah yang selalu menjadi kecemasan para ibu akan lebih cepat menyusut ke bentuk normal. Selain itu dengan pemberian ASI pada bayi akan bermanfaat untuk menguatkan hubungan antara ibu dan bayi. 

Khasiat susu ibu 

Susu ibu selain tidak harus mengeluarkan banyak uang juga sangat baik untuk pertumbuhan bayi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat susu ibu.